DUMAI KOTA, DSC – Wakil Walikota Dumai, H Agus Widayat mengimbau kepada para pendatang mengikuti seluruh peraturan yang diterapkan jika ingin menetap di Dumai.

“Negara kita NKRI, jadi Kota Dumai tidak tertutup bagi warga daerah yang sekadar ingin berkunjung ke Dumai. Akan tetapi, kalau mau menetap di sini, wajib mengikuti semua peraturan yang berlaku di sini. Jangan sampai melanggar,” kata Agus kepada dumaisatu.com, Selasa (05/08/14).

Agus Widayat menjelaskan, jika ingin menetap atau menjadi warga Dumai, harus mengikuti seluruh aturan yang ada, termasuk aturan administrasi kependudukan. Jika tidak, harus siap dikenai tindak pidana.

Semua boleh datang dan menetap dan menjadi masalah adalah jika warga daerah yang datang ke Dumai tanpa memiliki pekerjaan, keahlian, dan jaminan tempat tinggal, kemudian akhirnya menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Misalnya pengemis atau gelandangan.

“Kalau tidak menjadi pengemis, menjadi pedagang kaki lima (PKL). Menjadi pengemis ataupun PKL sama-sama menimbulkan masalah baru,” ujar Agus Widayat mengakhiri.*